Posted by : Unknown


Madrasah Tsanawiyah (MTS) Mambaus Sholihin merupakan lembaga pendidikan formal yang pertama kali berada di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin tepatnya pada tanggal 10 Agustus 1980, karena pertama kali didirikan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin yang masih bersifat formal dimana pendidikan pada saat itu terpusat pada Pendidikan Madrasah Diniyah, kemudian MTs Mamba'us Sholihin mendapatkan status diakui oleh DEPAG dengan nomor SK dan NSM 2123525211040 dan pada tahun 2005 mendapatkan status terakreditasi A dengan nomor SK A/KW.13.4/MTS/810/2005 dengan menggunakan kurikulum Departemen Agama beserta kurikulum khusus kepesantrenan.

Letak Geografis
Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin adalah sebuah lembaga dalam naungan lembaga Pondok Pesantren Mambaus Sholihin yang terletak di Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, kawasan ini merupakan kawasan pegunungan termasuk kategori desa swasembada dan bersuhu udara cukup hangat, ± 25 °C. Kawasan ini berada kurang lebih 3 Km dari terminal Bunder (jalur utama Surabaya-Jakarta), 2 Km dari Pertigaan Desa Tenger Sukomulyo dan 4 km dari pusat Kecamatan Manyar  juga sebagai wilayah yang terletak di jalur pantura ini termasuk kawasan yang cukup makmur ekonominya. Dengan sumber daya alamnya serta pasokan air yang melimpah ruah hingga merupakan aset yang sangat berharga bagi masyarakat sekitar dan juga bagi Pesantren.

Desa yang berpenduduk 12.000 jiwa dengan luas wilayah 389.522 Ha. Memiliki batas desa sebagai berikut ;
Sebelah utara         : Desa Pongangan Dan Sukomulyo
Sebelah timur        : Desa Yosowilangun
Sebelah selatan      : Desa Dahan Rejo dan Kembangan
Sebelah timur        : Desa Tebalo dan Banjarsari

Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin berdiri di dua areal Pondok Pesantren Mambaus Sholihin karena begitu banyaknya siswa di setiap pendaftaran siswa baru maka lokasi tidak mencukupi hingga akhirnya dipisahkan antara gedung Putra dan gedung putri. Gedung utama untuk siswa yang terletak di barat jalan utama Bunder-Tenger sekaligus juga sebagai kantor Administrasi MTs. Mambaus Sholihin. Dan untuk gedung Putri diberada di belakang Pom bensin Suci, hal ini juga guna untuk pemisahan agar terciptakan situsasi yang kondusif dan memudahkan pengaturan antara santri Putra dan Putri.

Mengingat letaknya yang strategis (tepat disebelah jalan utama) dan mudah dijangkau dari berbagai penjuru, menjadikan Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin adalah sebuah lembaga yang tergolong cepat perkembangannya.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. kangen masa masa mondok romo yai kh.masbukhin faqih :(

    BalasHapus
  2. Apa di Mts mimbaus Solihin sudah ada pendidikan Tahfiz quran

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Galery IMMAQ Ke-10

Pengunjung Blog


counter

- Copyright © . -MTs. Mambaus Sholihin- Powered by Blogger - Designed by MTs. MBS -